Life is Good: Kayuh Budaya ke Tenganan


“Tadi di batu besar itu, kuping saya udah menguing, kerongkongannya udah berasa keluar angin, matanya kunang-kunang. Aduh, jangan sampai aja nanti ngaben di sini,” kata Pak Taek. Siyal. Tawa kami pecah semua, ketawa sampe sesak nafas. :)) Pekak Taek, sang chatterbox seperti biasa ngalor ngidul bikin kami bungah. Siang tadi sekitar pukul 2.00 PM di Gumuh, warung kecil di pinggir hamparan sawah, kami sedang menetralkan ion tubuh yang nyaris habis – minum air kelapa dan hahahihi. Sehabis diganjar double workouts: Biking semi Trekking. Itu ga akan menguras tenaga kalo ga pake ngangkat-ngangkat sepeda. Aslinya, Linud sih yang angkat sepeda saya. bahaha. Tricky. :)) In

image

image

image

image

image

image

image

Oya, kami: Agus, Maha, Uli, Pekak Taek, Saya dan Linud Partai Solidaritas. :)) Kami awalnya berangkat berlima. 7.45 AM kami ketemu Linud di gerbang By Pass I.B Mantra. Di pertengahan, rasanya mengajak Pekak Taek akan melengkapi keganjilan, hehe, aslinya ngajakin doi biar bisa ngetawain doi aja sih. Hihii. Ketemu di Goa Lawah lanjut ke Desa Tenganan. Asiknya ngajak si Kakek ini, perjalanan kami jadi tidak agak panjang. Kami mencari shortcut sekitar 3 KM memintas jalan. Meskipun Linud bilang, No shortcut for Scott, but sorry Chief,  kami maau. :))

image

image

image

image

Kami tiba di Tenganan sekitar hhmm.. Pukul berapa yak, saya lupa. Selesai jepretjepret dan brunch di sana, kami lanjutkan perjalanan. Pekak juga masih meraba-raba perjalanan kami ke Macang. Oleh penduduk lokal, ia mulai ngobrolin jalan yg sekiranya bisa dilalui. Ada 2 alternatif, akhirnya kami putuskan ambil jalur sawah.

image

image

image

image

image

30 menit pertama, perjalananya aduhaaaaaaii penuh klorofil semua. Isi ulang cadangan oksigen. Dan, tibalah kami pada jalan yang Hm, gitu deh. Okeh lanjutin lagi. Yang awalnya jalan kaki dan nuntun sepeda, kami duduk lagi di pedal. Dan Voila! Hahahahahahahaha. Jalannya kampret. Guidenya gendeng: baca Pekak Taek. Yang ngikutin juga lebih gila. Hahahaha. Siyal. Udah nanggung banget mau turun balik dan pulang, meskipun sepeda masih bisa dilempar dari atas dan kami tinggal guling-guling aja, kayanya akan lebih cepat nyampe bawah. Hahahaaaha. Uli lalu bilang, kita harus hadapi ini, ga ada jalan pulang. OMG, face the truth. Pekak jalan duluan, disusul saya. Tapi saya kebanyakan ketawa, ban sepeda saya nyangkut di batu. Akhirnya Linud yang naik duluan. Lalu Agus bantu saya ngangkat sepeda melintasi batu batu besar. Linud lalu turun, dan doi yang langsung ngelanjutin ngangkat sepeda saya. “Untung kita ngajak cowok”, celetuk Maha. Saya dan Uli ngangkat sepeda Uli, Agus dan Maha ngangkat sepeda Maha. Dan begitulah hal itu terjadi, sesiapa mengangkat sepeda sesiapa. Hhihii. :)))

Udah ga inget, seberapa lama nempuh jalan di sana. Badan berasa ringan lagi, pas nemu jalan semen nan rata, sampe kami ketemu sawah. Isi ulang di warung dengan air kelapa. Pemandangan dari warung cakep sekalai, Gusti memang maha kreatif. Pekak Taek duduk di sebelah saya, lalu mulai ngobrol ini itu. Tiba-tiba dia bilang dalam bahasa bali, perihal dia ngangkatin sepeda di batu besar. Isinya, kurang lebih seperti prolog di awal cerita di atas. Bahahahaha, Uli ketawa paling menggelegar. Doi ini selalu paling bahagia dan paling berisik kalo ketawa. Maklum, si kakek itu umurnya udah lingsir. Minumnya itu penguat sintetik – Krating Da***, ga pernah kita liat makan, kurus, jadi ya kami agak waswas kalo doi tibatiba pengsan. Kakek ini, dikasih atau ga dikasih stimulan macam Mushroom, ngomongnya aja udah ngaco – apalagi kalo bener dikasih, bahahahaha. Menghibur.

image

image

image

Keluar dari sawah kami sampai di Bungaya. Lanjut terus ke Kastala –
Bebandem dan belok kanan di Sibetan. “Okay, kita mau ambil jalur panjang tapi lurus atau jalar pendek tapi agak nanjak,” kata si kakek ngasih tawaran jalan. Okay, diputuskan ambil jalur pendek. Lebih hemat 7 KM,  kata Kak. Hahhahahahaa, baru 15 menit jalan jalannya udah kaya begitu. Numpuk lagi konstan. Lanjut lagi di depan, sama. Ini jalan jalannya agak agak. Hemat sih hemat 7 KM, kompensasinya ya gitu otot paha jadi kerja extra. :))
Kami berempat gagal di setengah jalan tanjakan terakhir Kalanganyar, yang nembus di Pesangkan lanjut ke Selat Duda. Komandan dan Pekak, berhasil. Hhihi. Malu-maluin. :))

image

image

image

image

image

image

image

image

Kami lalu lanjut ke Peringsari, Rendang, Muncan , Sangkan Gunung, Tangkub, Akah, Klungkung dan lurus ke By Pass. Kami tiba di Gatot Subroto pukul 8. Makan. Dan pulang ke rumah masing-masing. Di By Pass, pas lagi laper, saya nanya sama Maha. “Kita ngapain ya kaya gini,” tanya saya. Kata Maha sebelumnya, ini kaya rekreasi. Tapi, dia lalu jawab, ini supaya ada cerita, cerita buat mengisi hidup. Maha, yang sama lapernya sama saya jadi sangat bijak. Pertanyaan yang sama lalu diulang Uli, di meja makan. Masing-masing menjawab. Makanan kami sudah datang, sementara ini di jalanan sana Komandan Linud sedang dalam perjalanan pulang ke Jimbaran.

*ini adalah catatan perjalanan yang ditulis tidak begitu detail, merekam momen kebersamaan kami. Terima Kasih banget buat Linud yang selalu dan seperti biasa dengan ‘kebaikannya itu’, kegilaan Pekak Taek, Maha dan Uli buddies yang tetap seperti itu, dan Agus yang selalu ga mau kehilangan momentum di setiap tanjakan. Kami terlalu sering berhenti, amat sangat sering. Hidup Partai Solidaritas. :))

image

Taken from Maha's Strava

PS: Uli harus sungkem ke Komandan karna udah diempu dan ditemenin nuntun, sama seperti pas tripku Batur – Besakih. :))

Syampai jumpa, di trip berikutnya. Hari ini trip kami judulnya Kayuh Budaya ke Tenganan ++++, di lain akhir pekan bisa jadi Kayuh Sambil Snorkelingan – bahahaha ini sih misi pribadi dan seterusnya.

Salam hangat,

A.Ditha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s