SUPERNOVA: Gelombang Mimpi Alfa Sagala


image

Hari ketiga, 2015.
Sudah menyelesaikan cerita Thomas Alfa Edison atau Ichon atau Alfa Sagala. Dari sebuah kampung dekat Pusuk Buhit di Sianjur Mula Mula – Jakarta – Hoboken – New York – Tibet dan cerita terputus pas Alfa mau balik ke Indonesia.

Main Ideanya sih sama seperti kisah avatar – avatar Supernova sblmnya: beberapa diantaranya ada Bodhi di Akar, Elektra di Petir dan Zahra di Partikel. Di Gelombang, tokohnya adalah Alfa Sagala sang avatar yang disebut dreamscapist. Alfa ini selalu gigih untuk menolak tidur sejak kejadian upacara Godang di kampungnya ketika dia berumur 12 tahun. Ada yg mencekamnya dalam tidurnya. Begitu terus menerus sampai dia One night stand sama cewek yg namanya Ishtar. Saking paniknya karena udah ketiduran lebih dari 5 jam dia pergi ke sebuah RS. Di sana dia ketemu dgn Nicky. Dari situ terus berlanjut hingga ke therapy tidurnya,  bertemu dgn sekelompok oneironout – penjelajah Mimpi – hingga ada satu pemantik yg bikin di mesti ke Tibet ketemu seseorang.

Fiksi Gelombang ini kalau buat saya pribadi tidak terlalu seinformatif Partikel. Meskipun memang alur ceritanya beda , Partikel ngasih impresi yang bagus buat saya, apa krna saya pribadi tertarik dengan topik Ayahuasca yg dibawa Partikel terus abis itu ga sengaja nontonin dokumentary di BBC Knowledge soal Ayahuasca di Amazon. Tapi di cerita ini ada sedikit soal dunia mimpi  yang diceritain. Ada juga Tibet sebagai latar. Kemudian disebut jg soal konsep hidup dan mati dari percakapan Kalden Satya dengan Alfa Sagala.

Sebagai seri yang kelima, pelan pelan Avatar-avatar Supernova ini mulai kelihatan tujuannya: mencari satu sama lain, karena mereka adalah sebuah gugus yg membawa misi tertentu. Belum pasti apa, mungkin pertarungan baik dan buruk, mungkin. Misi apa yang mereka bawa, kita juga sama – sama  menunggu di serial Supernova berikutnya.

Overall, saya pribadi kasih bintang 2,5 dari 5. Selamat membaca Gelombang.

***

A.Ditha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s