Perempuan Delirium: Perkara Rindu


image

Hari senin tanggal 30 bulan duabelas tahun 2013. Sehabis menonton film kartun The Frozen. Ya, itu film itu bukan seleramu.

Menahan rindu itu Tuan, atau menahan aduh dan sepi dalam keramaian itu seumpama menyerap toksin yang merontokkan saraf kepekaan. Tuan, tidak tahukan tuan, saya rindu.
.
Saya sudah berjalan jauh ke timur, mereka-reka jalur yang pernah Tuan lewati. Kampung tua, peristirahatan raja, pemandian hingga pesisir di kaki gunung sudah saya tempuh. Pulau di seberang sudah saya singgahi demi meredam rindu saya Tuan.

Tuan, tuan yang pengasih, barangkali tuan beranggapan sama seperti saya: bahwa cinta itu universal, melebihi perkara hati dengan bumbu asmara yang picisan. Tapi Tuan, isi kepala Tuan membuat saya berhenti dan menoleh: bisakah saya jadi teman seperjalanan Tuan?

Tuan pernah menyebut soal abad pertengahan, soal kelahiran fajar budhi, sebuah abad pencerahan. Tidak ada lagi janji-janji surga yang diperjualbelikan, tidak ada lagi aturan-aturan ortodoks, justru lahir budaya-budaya baru, anak-anak abad modern yang lebih mapan dan liberal.

Tuan pun tak lagi percaya dengan Tuhan – Tuhan yang dibakukan, yang diatur ini itunya oleh para pengikutnya. ‘SAYA AGNOSTIC’ begitu kata Tuan.

Tuan, apa Friedrich gila? Kenapa ia mewartakan kematian tuhan dari mulut seorang gila, yang katanya kita telah tikam IA berkali – kali. Saya belum lagi paham dengan perjuangan sosial. Tapi Tuan memberi saya asupan lagi, untuk berjalan lagi menuju akar rumput.

Tuan, apakah rindu bisa dipadamkan dengan sekadar perjalanan jauh?

Saya, Tuan, ingin sekali jadi Delirium. Berhalusinasi jadi teman seperjalanan Tuan.

Pastilah, ketika kaki saya berjalan jauh dari rumah, saya tengah dilanda rindu yang akut. Rindu ingin berbincang dengan Tuan.

Perempuan Delirium,

Astha Ditha

Senin, 30 Desember 2013.

Leave a Reply

