Keping Ketujuh: Isi


image

Kepada apapun, sesuatu yang kecil itu seperti sekrup, kecil tapi bermakna…

Entah, ini adalah pelajaran saya yg kali keberapa. Yang saya ingat, saya baru saja menyadari sebuah pengertian baru. Guru.

Disebutkan dalam literatur kuna, tentang istilah berguru dan aturan menjadi murid. Ada pula tingkat-tingkatannya. Saya keluputan ingatan, dalam novel Cok Savitri ataupun dalam sebuah karangan, tingkatan itu disebut.

Apatisme atau saya permanis sbg asketisme, hampir mbikin saya teralienasi dari semacam pergerakan sosial yg dinamis. Saya tak banyak lg muncul sbg org yg penasaran mencari tahu dlm acara2 publik, berkabar dgn teman2 atau sesiapapun-hanya semoodnya aja, juga lebih sering out of topic ketika sedang ngetrend sesuatu, misalnya kampanye anti reklamasi. Saya pribadi, hati saya selalu haru dan kemurniaan doa saya selalu tertuju pada mereka penempuh jalan altruisme itu.

Jangan terharu. Jangan menggerutu. Saya sungguh-sungguh ingin berterima kasih, pada mereka dengan segala yang telah melengkapi dan memberi ke-baru-an ke saya.

**
Sabtu malam, sehabis berkendara ditemani tmn ibu saya. Setiba di rumah dalam sebuah jeda menonton tivi, pikiran saya menjelajah pada sejumlah orang. Mereka, telah memberi banyak bagi diri saya. Dulu saya rajin bertanya. Kini apatisme saya mbikin segan untuk ngapa-ngapain. numb? belum masih lima.

Garing ah.

***
Ini krna abis nontonin dokumenternya Gandhi, dan lagi di tengah-tengah Tuesdays with Morrie setelah isi kepala penasaran sama visualisasi Blair di pedalaman Kalimantan. Terlalu banyak orang-orang baik yang kadang masih ketutupan sama egoisme dan definisi mereka masing-masing. Kepada mereka yang telah-tengah-kelak mengajarkan, jalan kebenaran itu selalu terjal. Jangan meremah dan merendahkan.  Ibu bumi adalah akar…

Pada sebuah Sabtu, ketika tidak lagi di Jogja.

Dengan segenap kerinduan,

SAYA!

Leave a Reply

