Ngobrolin Kumcer ‘Seekor Anjing Mati di Bala Murghab’


image

ngobrol dikit soal kumcernya Linda Christanty ya. Huuh, yg judulnya Seekor Anjing Mati di Bala Murghab. Tapi sayanya mau minta hampura dulu, soale gagal banget nih sayanya ekstase di kumcer ini. Tapi tulisan terakhir soal Luta, bikin saya kesetrum abis, kompor minyak gas deh ya.

Ceritanya tuh saya lagi piknik dari jelajah The Prague Cemetary-nya Eco. Saya lalu mendarat di kumcer ini. Ini kumcer Linda yg pertama kali saya baca. Em, sayangnya sy ga bisa kasih note apapun.😐

Saya justru lebih suka ketika dia bikin tulisan non-fiksi atawa artikel yg ada baubau antropologinya. Di setiap tulisan, iseng aja nebak: ah ini sptnya intermeso Linda pas lagi ngejalanin kegiatan jurnalistiknya atawa tampungan ide-idenya ke gaya tulisan fiksi. Meskipun kita bisa nemuin seabrek lagi di blog doi. http://www.lindachristanty.com

Di kumcer ini ada 10 judul tulisan. Hampir sepuluh cerpen sudah terpublikasi, delapan.

Yang mau sy obrolin adalah tulisan di nomor terakhir: Catatan tentang Luta, Manusia yang Hidup Abadi.
Saya sih kepingin nanya antara ngotot, hehe, ini tulisan fiksi atau bukan sih? Sayanya sih belum nyerah ngeduga tulisan ini bukan fiksi. Kenapa? emm…

Emang diblognya mba Linda, tulisan itu dipublikasi di sub Fiction. Ceritanya soal seorang Dayak Iban. Dan informatif memang. Ga ada tendensi buat menguarkan ke-klenik-an sih, tapi asik aja baca tulisan itu. Terus bukunya Seno itu, judulnya Ketika Jurnalisme Dibungkam, Sastra Harus Bicara, isinya juga asik. *eng ini kok krikkrik*

Ahiak, udahan dulu deh ya. Ngobrolnya dilanjutin ke post berikutnya yuk ah.

Peluk-erat,

A.Ditha

image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s