Keempat: Yang Tidak Genap.


image

Ketika kepalamu penuh, tapi hanya memuntahkan angin, itulah ia sebuah suspensi.

kamu akan lebih sering bertanya tentang halhal yg tidak dilewatkan bersama. Apalagi tentang segala hal yg menjadi. Malam ini aku ingin sesungguhnya menuliskan tentang laut dan Tuan. Tapi, ah kamu benar, itu kini menjadi angin.

Boleh aku lanjutkan?

Aku ingin bercerita tentang halhal yg kerap kita jadikan satire. Kita tahu itu adalah tabu. Tapi apakah  tabu; sesuatu semacam aib, sesuatu yg malu-malu kita bincangkan, krasak-krusuk. Ah ya, mulut terkadang kerap comel ketimbang akal sehat. Akal sehat? Berarti ada juga akal (yang) sakit? Hem, maafkan jari-jariku bekerja lebih gesit dari otakku. Nanti ya aku bikinkan cerita soal itu.

Perihalnya adalah sederhana, sayang. Soal: keganjilan. Ya, halhal yg tidak genap. Katakanlah genap itu seumpama halhal yg tepat, sewajarnya. Iya ganjil, apakah kamu tengah memadankannya dgn kata aneh? Jangan. Aneh kadangkadang bisa menjadi ajaib.

Ganjil ini berkonotasi negatif, sayang. Ada orangorang yang miliki genapnya sendiri. Dan ada yg menjadi permisif dgn meng-oh-kannya. Aku hanya mau bilang, aku menjadi tokohnya. Beberapa hari yg lalu, tokohtokohnya bercerita. Ia harus menjadi instan dgn membeli tugas akhir. Lalu tokoh yg lain, iya serumah dgn kekasih.

Em, aku kehabisan cara untuk bertutur lebih manis, setidaknya pada tujuh baris di atas.

Kamu tahu itu adalah suspensi. Ada yang tumpah, kamu bantu aku beresin ya. Lalu, setelahnya kita bisa menyusur Tibet lagi, membacai Kalachakra, titik nol dan menjadi pejalan itu. Bila genggamanku mengendor, kamu terus saja genggam lebih erat, ya. Iya.

Salam manis para pejalan, hati yang lapang.

A.Ditha

One thought on “Keempat: Yang Tidak Genap.

  1. Jika di dunia ini semuanya genap, maka sungai tak akan pernah mengalir, dan angin tak pernah berhembus, karena tiada yang tumpang tindih.

    Jika di dunia ini semuanya genap, maka aku tak akan bisa mendengarkan suaramu wahai penari tinta🙂.

    Like

Leave a Reply

