A CALM CAESURA


Caesure

Berulang nafas kuhembus pelan. Ini
Juma’at, bukan R’abu. Aku selalu bingung pada Senin. Yang seharusnya dipupuki
dan disirami semangat. Hari yang terik dan betapa tak jinak. Semuanya merayap,
menuju dan berebut kursi terdepan. Tak tahukah, seorang bapak tengah kuyup
dengan kursi yang ia panggul di pundaknya. Sama – sama melintas hari, di hari
yang sama terik yang tak mengenal salam dari segala penjuru.

Sungguh, aku selalu takut
melewati Senin dengan pengingkaran.

Lalu tibalah pada Selasa yang
mengundang debar. Di dalam kamar mandi, bahkan aku bisa mendengar suara hati
menggendor gendor pikiranku yang buncah. Sebab aku lagi – lagi bingung, apakah nurani
atau logika yang menggenapi ruang hampa di dalam otakku yang sedang bersiap mundur. Sekali
lagi, aku hanya mendengar suara yang terus mengigau di pagi berbalut kabut.

Dan, pada Selasa aku ada di antara
keyakinan yang sungguh dan separuh.

Memang aku selalu ada di hari
Rabu. Memulai dengan suara ibu yang bergema dari balik panci. Cinta yang
menyebar dari api kompor. Juga gonggong seekor anjing yang selalu lapar.
Begitulah pagi kami selalu bersetia pada kedua tangan yang bergantian memegang
piranti berbeda. Sapu selalu berada di tanganku. Bukan saja menghela debu, tapi
tentu hati yang gundah.

Dan, selalu ada doa yang
menguatkan.

Kamis. Dan hari yang beranjak.
Meninggalkan suara adzan, puja tri sandya dan kembali lagi pada adzan dan
puja tri sandya yang sama. Pada Juma’atlah, segenap ragu berdiam, merenungi
seberapa jauh jejak telah melangkah.

Dan aku selalu percaya,
senantiasa ada jalan kembali pulang dan sekalipun tak ada sesat yang abadi.

Berulang nafas kuhembus pelan.
Meredakan yang bergeming.

Sukra, pada satu tempat yang
menawarkan perjalanan.

Salam,

ADitha

Leave a Reply

